Tiga Manfaat Magang Kerja di Luar Negeri

Magang ke luar negeri seperti Jepang adalah salah satu jembatan untuk meningkatkan keterampilan

Editor: Choirul Arifin
dok.
Kegiatan pelepasan peserta Program Pengembangan Kualitas SDM ke Luar Negeri di Jakarta, Rabu (25/1/2023).  

Laporan Wartawan Tribunnews, Larasati Dyah Utami

centreboulevard.com, JAKARTA - Magang ke luar negeri seperti Jepang adalah salah satu jembatan untuk meningkatkan keterampilan melalui bimbingan oleh expert secara langsung di Jepang

Hal ini disampaikan Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan, Anwar Sanusi, pada acara Peringatan 27 Tahun PT OS Selnajaya Indonesia dan Pelepasan Peserta Program Pengembangan Kualitas SDM ke Luar Negeri di Jakarta, Rabu (25/1/2023). 

Setidaknya ada 3 manfaat yang akan dirasakan langsung oleh para pemagangan, kata Anwar.

Pertama, insentif atau penghasilan yang layak. Kedua, pertemanan yang dapat menjadi jejaring untuk mengarungi masa depan. Ketiga, pengalaman kerja. 

"Manfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya. Ada banyak kisah-kisah sukses dari kenshusei (magang di Jepang)," kata Anwar Sanusi saat menyampaikan sambutan.

Menurut Anwar, begitu besarnya manfaat magangkerja di luar negeri tentunya juga sebanding dengan tantangan yang tidak mudah. 

Utamanya terkait adaptasi dengan budaya setempat.

Baca juga: 50 Mahasiswa Vokasi Berangkat Magang Kerja di Hungaria

"Di sana kita akan dididik untuk dapat memaksimalkan segala potensi yang dimiliki. Untuk itu, anda harus bisa adaptasi dengan bahasa dan budaya setempat," katanya. 

  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 centreboulevard.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved